Rabu, 19 Mei 2010

Cybercrime


Kejahatan komputer atau Cybercrime adalah sebuah bentuk kejahatan di mana internet atau komputer yang digunakan sebagai media untuk melakukan kejahatan. Isu seputar jenis kejahatan telah menjadi profil tinggi, terutama yang sekitarnya hacking, pelanggaran hak cipta, pornografi anak, dan anak perawatan. Ada juga masalah-masalah privasi ketika informasi rahasia hilang atau disadap, secara sah atau sebaliknya.

Kejahatan komputer mencakup berbagai potensi kegiatan ilegal. Umumnya, bagaimanapun, itu dapat dibagi menjadi dua jenis kategori: (1) kejahatan yang menargetkan jaringan komputer atau perangkat secara langsung; (2) kejahatan yang difasilitasi oleh jaringan komputer atau perangkat, sasaran utama yang tidak bergantung pada jaringan komputer atau perangkat.
Contoh kejahatan yang terutama menargetkan jaringan komputer atau perangkat akan mencakup:
Malware (kode berbahaya)
Denial of service serangan
Virus komputer
Contoh kejahatan yang hanya menggunakan jaringan komputer atau perangkat akan mencakup:
Cyber menguntit
Penipuan dan pencurian identitas
Phising
Perang informasi
Sebuah contoh umum adalah ketika seseorang mulai mencuri informasi dari situs, atau menyebabkan kerusakan, sebuah komputer atau jaringan komputer. Ini dapat sepenuhnya virtual dalam bahwa informasi hanya ada dalam bentuk digital, dan kerusakan, sementara nyata, tidak memiliki fisik akibat selain mesin berhenti berfungsi. Dalam beberapa sistem hukum, harta tak berwujud tidak dapat dicuri dan kerusakan harus terlihat, misalnya sebagai akibat dari pukulan dari palu. Di mana manusia-sentris terminologi digunakan untuk kejahatan mengandalkan alam kemampuan bahasa dan bawaan mudah tertipu, definisi harus diubah untuk memastikan bahwa perilaku iseng tetap pidana tidak peduli bagaimana hal itu dilakukan.

Sebuah komputer dapat menjadi sumber bukti. Meskipun komputer tidak langsung digunakan untuk kriminal tujuan, adalah yang sangat baik perangkat untuk pencatatan, khususnya yang diberikan kekuasaan untuk mengenkripsi data. Jika bukti ini dapat diperoleh dan dekripsi, dapat memberikan nilai tambah untuk pidana penyidik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar